Sabtu, 05 Februari 2011

Pengertian Stenografi

Stenografi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari 2 (dua) kata, yaitu “STENOS” yang berarti singkatan atau pendek dan “GRAPHEIN” yang berarti tulisan. Jadi, stenografi ( stenography ) berarti tulisan singkat atau tulisan pendek. Tulisan steno dibuat dan disusun sedemikian rupa pendek dan singkat sehingga mengakibatkan cepat dalam menulisnya. Stenografi menggunakan tanda-tanda khusus yang lebih singkat daripada tulisan panjangnya ( latin), dan kemudian disempurnakan dengan menambah beberapa singkatan ( sudah singkat disingkat lagi ), sehingga waktu yang digunakan untuk menulis stenogramnya lebih cepat dibanding waku untuk mengucapkan kata yang dimaksud.
Misalnya orang yang menulis huruf latin t diperlukan 4 gerakan, sedangkan untuk menulis huruf t dengan menggunakan huruf steno hanya diperlukan satu gerakan saja. Karena hampir setiap lambang atau symbol huruf steno hanya memerlukan satu gerakan saja.
Maka karena pendeknya gerakan atau sedikitnya gerak yang dibutuhkan dalam menulis steno, stenografi jauh lebih cepat dibandingkan dengan menulis huruf latin.

Stenography alphabet:










10 comments:

apank sakran mengatakan...

saya menyukai stenografi anda..........hihihihi...

Cybericha mengatakan...

^^ Terima kasih...

Anonim mengatakan...

pengen belajar steno jg.. :D

Anonim mengatakan...

bagus tunch,,,

eka melfiana mengatakan...

saya ingin sekali mahir dalam mempelajari stenografi,apalagi saya seorang mahasiswa jurusan sekretaris.sepengetahuan saya,pada saat dosen mengajar ada perbedaan dalam penulisan steno.dosen yang satu beranggapan bahwa penulisan steno itu tidak lurus tapi miring.sedangkan dosen yang satunya dalam penulisan steno itu ada yang lurus ada yang miring..............sebenarnya penulisan steno yang tepat itu seperti apa sih?????????????

febri mengatakan...

tri febrianik
saya siswi dari smk n 1 purwodadi kbetulan saya mengambil jurusan AP dan saya bngung dngan stenogrfi pdahal jurusan ini hrus mnguasai stnografi gmn cranya penulisanya trkdang dosen saya pnulisany berbda itu buat saya bngung pnulisan yg bnr itu sprti ap?

Anonim mengatakan...

gmna ya caranya mudah blajar steno ???

udy mengatakan...

sungguh bikin mata muter....liat simbolnya.....

yuni and aziza mengatakan...

belajar stenografi itu menurut saya sulit, bikin kepala pusing saja...

Unknown mengatakan...

saya siswi dari jurusan sekretaris..saya sangat menyulai tulisan steno krna tulisannya yg unik dan belajarnyapun buth konsentrasi ;)

Posting Komentar

CYBERICHA © 2008 Template by:
SkinCorner